Thursday, May 17, 2012

Hari Besar Pada Bulan Mei



Setiap orang pasti tahu tentang hari besar. Hari besar merupakan hari khusus/ spesial dibanding hari-hari biasa. Yang biasanya hari itu menandakan sebagai peringatan sesuatu hal, yang kaitannya dengan keagamaan, kebudayaan, atau adat istiadat setiap negara.

1 Mei : Hari Buruh Sedunia
Ditetapkan sebagai Hari Buruh Sedunia, May Day.
May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.

2 Mei : Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas
2 Mei adalah Bangkitnya Generasi Emas Indonesia karena tanggal 2 Mei adalah hari Pendidikan Nasional, hari dimana lahirnya pendidikan di Indonesia. Tanggal 2 Mei dijadikan sebagai hari Pendidikan Nasonal bertepatan dengan hari lahirnya salah satu tokoh pendidikan kita yaitu Ki Hajar Dewantara dengan nama asli Raden Mas Soewardi. Untuk mewujudkan dan membangun dunia pendidikan di Indonesia yang sedang diusahakannya dalam penjajahan para penjajah Belanda beliau memakai semoboyan “Tut Wuri Handayani” semboyan ini berasal dari ungkapan aslinya “Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa”. Semboyan ini masih dipakai dalam dunia pendidikan kita hingga era reformasi ini. Bahkan dengan semboyan itu telah sedikit mengubah warna pendidikan kita di Indonesia saat ini.

3 Mei : Hari Surya
Tidak ada keterangan resmi tentang Hari Surya, pada tanggal ini begitu sangat berarti, karena telah lahir seorang anak manusia dari seorang ibu yang sangat disayanginya.

4 Mei : Hari Bangkit Pelajar Islam Indonesia (PII)
Pelajar Islam Indonesia disingkat PII adalah sebuah organisasi Pelajar Islam yang pertama setelah kemerdekaan Republik Indonesia. Didirikan di Kota Yogyakarta pada tanggal 4 Mei 1947. Para pendirinya adalah Joesdi Ghazali, Anton Timur Djaelani, Amien Syahri dan Ibrahim Zarkasji.

5 Mei
Di Eropa, Hari Eropa adalah sebuah perayaan tahunan perdamaian dan persatuan di Eropa. Terdapat dua Hari Eropa yang terpisah, pada 5 Mei dan 9 Mei, ditetapkan oleh Dewan Eropa (CoE) dan Uni Eropa (UE). Untuk UE, hari ini juga dikenal sebagai Hari Schuman


Sumber  http://www.raihanrn.com/2012/05/hari-besar-pada-bulan-mei.html

No comments:

Post a Comment