Sunday, May 20, 2012

FAKTA BUAH SUKUN (CILACAP)


Hello guys….
Aku mau ngasih info lagi yang kaitannya tentang buah sukun seperti artikel sebelumnya Tips membuat kripik sukun yang enak. Kali ini aku mau mendeskripsikan beberapa hal dari buah sukun Cilacap yang lumayan terkenal.

Sukun(breadfruit) merupakan jenis buah yang tidak dapat langsung dimakan atau dengan kata lain harus diolah terlebih dahulu. Sukun tidak memiliki biji, tetapi buahnya sangat tebal, berdaging , dan lembut seperti roti. Oleh karena itu disebut juga Breadfruit.
Beberapa hal yang unik dari buah sukun Cilacap, seperti sebagai berikut: Sukun dapat dimanfaatkan untuk hal komersil, misalnya saja dapat di jadikan sebagai penghasil uang dengan cara menjual sukun dalam bentuk mentah ataupun produk makanan.
  • Sukun banyak disukai orang karena rasanya yang enak untuk dimakan. Banyak orang luar kota yang berkunjung ke cilacap dan sering kali mencari produk olahan sukun dari cilacap sebagai oleh-oleh selain seperti krupuk tenggiri. Karena sbagian orang percaya bahwa sukun dari tanah cilacap lebih enak. 
  • Macam-macam olahan dari produk sukun lumayan banyak, tetapi yang terkenal di cilacap adalah olahan dalam bentuk keripik. Biasanya dijual di toko oleh-oleh makanan khas cilacap. 
  • Banyak orang dari luar kota Cilacap yang sering mencari pengepul sukun, yang bertujuan untuk membeli sukun dalam jumlah besar/ banyak. Biasanya sukun itu dikirim ke kota Jakarta, Jogja, Bandung, Solo, Surabaya, dan kota lainnya.  
  •  Produk olahan lain selain dalam bentuk keripik adalah bisa dijadikan tepung, bahan sabun, membuat roti(donat), atau bisa dimasak dan digoreng biasa seperti layaknya pisang goreng. 
  • Lumayan banyak orang cilacap yang bekerja sebagai pengepul sukun. Sehingga tidak heran alau sukun sekarang sulit dicari. Apalagi faktor cuaca yang tidak mendukung dalam perkembangan tanaman sukun.
  • Sukun merupakan buah musiman, maka tidak heran jika saat tidak musim sukun maka orang-orang yang pekerjaannya sebagai pengepul sukun akan merasa kesusahan untuk mencari sukun dalam kualitas yang bagus. Sehingga mereka terpaksa mencari alternativ pekerjaan yang lain.agi pengepul sukun akan merasa kesusahan untuk mencari sukun dalam kualitas yang bagus. Seingga mereka terpaksa mencari alternative pekerjaan yang lain.
 

3 comments: